Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-Balik (Ac)

Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-Balik (Ac)

Apakah kau tahu jenis arus listrik yang digunakan di rumah-rumah ? Dan siapakah penemunya ?

Yah, Listrik yang banyak digunakan di rumah-rumah dikala ini yaitu arus bolak-balik yang tidak lepas dari penemu arus bolak-balik – Nikola Tesla.

Arus bolak-balik dalam bahasa Inggris disebut dengan AC (Alternating Current) merupakan arus listrik yang besarannya sanggup berubah-ubah ketika dalam proses bolak balik. Arus listrik bolak balik biasa digunakan untuk penyaluran listrik dari PLN ke tiap rumah namun sanggup juga diaplikasikan menjadi sinyal radio.

Nikola Tesla dianggap sebagai seorang ilmuwan listrik paling hebat yang pernah ada namun tidak begitu dikenal, padahal penemuannya ini sangatlah berguna. Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal Thomas Alfa Edison yang merupakan penemu arus searah. Jika kita membandingkan keduanya maka sanggup terjadi perang arus dimana Nikola merupakan penemu arus listrik bolak-balik sedangkan Edison merupakan penemu arus searah.

Pria yang lahir pada tahun 1856 ini telah memenangkan perang arus antara Thomas Alfa Edison dan George Westinghouse untuk menetapkan apakah arus AC dan DC sanggup digunakan untuk transmisi listrik.

Sekilas Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-balik (Alternating Current)

Nikola Tesla

Nikola Tesla yang merupakan anak ke empat dari lima bersaudara ini memang semenjak kecil sudah menyukai pelajaran hitung-hitungan menyerupai fisika, mekanika dan matematika. Lalu ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknologi Graz di Austria.

Dari sinilah ia berguru wacana ilmu kelistrikan sehingga mencoba membuat arus listrik bolak-balik yang sanggup diterapkan pada motor listrik arus searah dengan tujuan supaya lebih efisien.

Penemu arus bolak-balik Nikola Tesla ini pun mulai hijrah ke New York dengan hanya membawa uang sebesar 4 sen beserta koper yang berisi buku wacana teknik dan beberapa kumpulan puisi.

Penemu yang lahir di Smiljan ini dianggap sebagai salah satu penemu yang paling penting dalam sejarah dan juga dianggap sebagai mahir teknisi terbesar yang pernah ada pada masa masa 19 sampai 20.

Pada awalnya Nikola Tesla hijrah ke New York hanya untuk menjalin kolaborasi dengan Thomas Alfa Edison. Di perusahaan milik Thomas setidaknya terdapat 24 rancangan jenis dinamo. Sayangnya selama Nikola bekerja dengan Thomas mereka berdua selalu tidak pernah cocok.

Hingga pada akhirnya, dirinya menetapkan untuk bekerja sama dengan George Westinghouse yang merupakan seorang ilmuwan yang berhasil membangun alat pembangkit tenaga air pertama dengan memanfaatkan riam Niagara.

Generator Listrik Buatan Tesla

Pada tahun 1887, penemu arus bolak-balik – Nikola Tesla sudah mulai mendirikan laboratorium sendiri. Di laboratorium inilah dirinya berhasil menerangkan kepada dunia bahwa arus bolak-balik temuannya lebih anggun dibandingkan dengan arus searah yang diciptakan oleh Thomas Alfa Edison.

Hebatnya lagi, laki-laki yang dijuluki sebagai ilmuwan abnormal ini berhasil mematenkan sekitar 300 temuannya hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Disusul 20 tahun kemudian, Nikola membuat inovasi hebat lainnya di bidang listrik dan radio.

Dikutip dari : https://www.penemu.co/penemu-arus-bolak-balik-nikola-tesla/
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-Balik (Ac)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel