5 Kitab Peninggalan Kerajaan Kediri

5 Kitab Peninggalan Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri ialah salah satu kerajaan Hindu yang terletak di Jawa Timur. Kerajaan ini mempunyai nama lain, yaitu Kadiri atau Panjalu. Sejak bangun pada tahun 1042 dan runtuh pada tahun 1222, kerajaan yang berpusat di kota Daha ini meninggalkan benda bersejarah berupa Kitab

Kitab Peninggalan Kerajaan Kediri

Kediri juga mempunyai banyak sastrawan handal. Para sastrawan ini telah menciptakan beberapa kitab sastra, diantaranya ialah kitab Kakawin Bharatayudha, Kitab Kresnayana, Kitab Sumarasantaka, Gatotkacasraya, dan kitab Smaradhana.

1. Kitab Kakawin Bharatayudha

Kitab Kakawin Bharatayudha dikarang oleh Empu Sedah dan Empu Panuluh. Isinya menceritakan kisah usaha raja Jenggala, Jayabaya yang berhasil menaklukkan Panjalu. Kisah usaha raja Jayabaya ini dianalogikan dengan kisah peperangan antara Kurawa dan Pandawa dalam kisah Mahabrata.

2. Kitab Kresnayana

Kitab Kresnayana dikarang oleh Empu Triguna. Isinya menceritakan riwayat hidup Kresna, seorang anak yang mempunyai kekuatan sangat luar biasa dan namun suka menolong orang lain. Kresna sangat disukai orang-orang diceritakan secara runut sampai ia menikah dengan Dewi Rukmin.

3. Kitab Sumarasantaka

Kitab Sumarasantaka dikarang oleh Empu Monaguna. Isinya menceritakan kisah kutukan Harini, seorang bidadari khayangan yang telah melaksanakan kesalahan. Harini dikutuk menjadi manusia. Ia tinggal di bumi untuk beberapa usang sampai masa kutukannya selesai.

4. Kitab Gatotkacasraya

Ktab Gatotkacasraya dikarang oleh Empu Panuluh. Isinya menceritakan kisah kepahlawanan Gatotkaca yang berhasil mempersatukan putra Arjuna, yakni Abimayu dengan Siti Sundhari.

5. Kitab Smaradhana

Kitab smaradhana dikarang oleh Empu Dharmaja. Isinya menceritakan kisah Dewa Kama dan Dewi Ratih, sepasang suami istri yang hilang secara misterius alasannya terkena api yang keluar dari mata ketiga Dewa Syiwa.


Nah, demikianlah peninggalan kerajaan Kediri dalam bentuk Kitab. Semoga daftar peninggalan kerajaan Kediri di masa silam ini sanggup membantu menambah wawasan sejarah Anda.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "5 Kitab Peninggalan Kerajaan Kediri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel