Pusaka Sunan Kalijaga Yang Masih Utuh Hingga Ketika Ini

Pusaka Sunan Kalijaga Yang Masih Utuh Hingga Ketika Ini

Sunan Kalijaga yaitu salah satu wali dari 9 walipenyebar anutan Islam di Tanah Jawa. Selama perjalanan dakwahnya, Sunan Kalijaga sering memakai kesenian wayang kulit untuk mengundang dan mengumpulkan masyarakat yang awalnya dominan beragama Hindu Budha ini di suatu tempat. Dalam dongeng wayang kulit yang disampaikannya, Sang Sunan bertahap menyisipkan petuah dan ajaran-ajaran Islam untuk menarik perhatian masyarakat terhadap agama yang dibawanya.

Pusaka Sunan Kalijaga

Selain dikenal mempunyai pendekatan yang halus dalam melaksanakan penyebaran agama Islam, Sunan Kalijaga juga dikenal sebagai salah satu sunan yang mempunyai ilmu kanuragan dan ilmu bathin yang tinggi. Dalam satu riwayat bahkan disebutkan bahwa Sunan Kalijaga pernah berhasil menaklukan penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul hingga masuk Islam. Ilmu kebatinan tinggi yang dimiliki Sunan Kalijaga dibuktikan dengan beberapa benda pusaka peninggalannya.

1. Rompi Ontokusumo

Pusaka Sunan Kalijaga yang pertama yaitu Rompi Ontokusumo. Berdasarkan banyak riwayat, diketahui bahwa rompi ini merupakan hadiah yang diberikan eksklusif oleh Rosululloh SAW.

Dalam sebuah kisah, Rompi Ontokusumo didapatkan oleh Sunan sehabis ia selesai mengkhatam Al-Qur’an. Tepatnya pada malam Jum’at legi, Sunan Kalijaga bersama ke 8 sunan lain yang sedang berkumpul di Masjid Agung Demak tiba-tiba mendapati sepucuk surat yang berisi pesan bahwa sang Sunan akan memperoleh hadiah berupa kulit kambing. Kulit kambing tersebut musti dibentuk menjadi rompi. Rompi inilah yang lalu disebut sebagai Rompi Ontokusumo.


Rompi ontokusumo sendiri lalu menjadi piandel Kanjeng Sunan Kalijaga. Ketika mengenakan rompi ini, Sunan Kalijaga menjadi lebih kuat. Rompi ini pulalah yang menjadi tameng dalam pertempurannya menaklukan ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Adapun hingga ketika ini, Rompi Ontokusumo masih terjaga di

2. Keris Kyai Carubuk

Selain Rompi Ontokusumo, Kanjeng Sunan Kalijaga juga mempunyai senjata pusaka berupa sebuah keris. Pusaka Sunan Kalijaga yang satu ini dibentuk oleh Empu Supa, yang tak lain yaitu sahabatnya sendiri. Saat diminta tolong untuk mengembangkan keris untuk Sang Sunan, Empu Supa terkaget-kaget alasannya yaitu konon materi yang diberikan padanya hanyalah besi berukuran sebuah biji asam. Meski hanya sebesar biji asam, besi yang diberikan sunan sebagai materi kerisnya ternyata mempunyai berat yang luar biasa, tak sesuai dengan besar dan ukurannya.

Singkat cerita, Empu Supa lalu selesai mengerjakan tugasnya. Keris yang sudah jadi itu lalu ia serahkan pada Sang Sunan. Oleh sang sunan, keris dengan 17 lekuk itu lalu diberi nama Keris Kyai Carubuk. Keris ini sangat ampuh dan diwariskan turun temurun. Keris ini bahkan sanggup mengalahkan kesaktian keris setan kober yang dipunyai Arya Penangsang ketika terjadi pemberontakan di Mataram.

3. Api Alam

Pusaka Sunan Kalijaga selanjutnya yaitu api alam.

Api ini merupakan api awet yang hingga sekarang masih terus menyala di tempat Mrapen, Jawa Tengah. Api alam ditemukan pertama kali oleh Sunan kalijaga. Saat Sunan Kalijaga menancapkan tongkatnya ke tanah dalam perjalanan dakwahnya,  tiba-tiba berhembus gas yang lalu menjadi api dengan ukuran diameter 1,5 meter. Api ini sempat dipakai oleh Empu Supa untuk menciptakan keris sebelum hasilnya ditimbun memakai kerikil kapur agat tak membahayakan orang.

4. Sendang atau Sumur

Masih di tempat Mrapen, Sunan Kalijaga juga meninggalkan sebuah pusaka berupa sumur dengan air yang jernih. Sumur yang ketika ini sering diziarahi itu berubah warna airnya menjadi keruh kuning dan terlihat mendidih sehabis Empu Supa menyepuhkan keris yang dibuatnya di sumur pusaka ini.

5. Batu Bobot

Batu bobot yaitu kerikil berat yang sengaja ditinggalkan sunan dalam perjalanan dalkwahnya di Mrapen.

Batu ini sengaja ditinggalkan alasannya yaitu beratnya yang luar biasa dan tak mungkin di bawa dalam perjalanan pulang. Batu bobot ini juga pernah dijadikan landasan Empu Supa ketika menciptakan keris Kyai Carubuk.

Nah, itulah beberapa pusaka Sunan Kalijaga yang hingga sekarang masih sanggup kita temui.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pusaka Sunan Kalijaga Yang Masih Utuh Hingga Ketika Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel