Stop Kontak Dan Instalasinya

Stop Kontak Dan Instalasinya

Stop kontak merupakan sebuah komponen listrik yang biasa dipakai untuk daerah mengambil sumber listrik dengan perantaranya tusuk kontak atau stecker, apabila anda mempunyai peralatan elektronik menyerupai pompa air, kipas angin, mesin cuci, dan lain-lain, tentunya instalasi stop kontak harus ada sebab peralatan elektronik membutuhkan sumber listrik bila digunakan.

Instalasi stop kontak sangatlah gampang bahkan anda sendiripun sanggup menginstalasinya. Di dalam stop kontak ada 3 lubang untuk kabel, 2 lubang diantaranya yaitu 1 untuk fasa/bertegangan dan 1 lagi untuk netral/nol, lalu 1 lubang yang bila di tes dengan avo lubang ini terhubung dengan kuningan yang biasanya ada di sisi bulat luar stop kontak, lubang ini untuk kabel ground.
Maksud ground ini yaitu untuk pengaman apabila terjadi arus bocor pada body alat listrik yang digunakan, pemasangan ground ini terhubung eksklusif dengan body peralatan elektronik anda.

Seperti inilah instalasi stop kontak dengan ground

Dan dibawah ini referensi jalur kabel dikala penggunaan stop kontak dengan ground.

Gambar diatas yaitu instalasi stop kontak dengan ground, bekerjsama ada juga stop kontak biasa yang tidak disertai ground, cara instalasinya pun tak jauh berbeda, perbedaannya hanya terletak pada lubang untuk ground yang tidak ada sehingga hanya mempunyai dua lubang saja.

Di pasaran terdapat banyak model stop kontak adapun stop kontak yang disertai tombol on/off namun semuanya itu sama saja, asalkan anda mengerti cara kerjanya maka akan sangat gampang menginstalasinya.

Demikian untuk artikel ini supaya sanggup bermanfaat. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar di bawah.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Stop Kontak Dan Instalasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel