26 Manfaat Buah Cermai Serta Kandungan Gizinya

26 Manfaat Buah Cermai Serta Kandungan Gizinya


Nasehatistri.com ,- Buah Cermai atau biasa disebut dengan Cerme, Ceremai, Termasuk suatu nama buah-buahan yang berukuran kecil, berwarna hijau agak kekuningan. Buah Cermai berasal dari Madagaskar dan banyak dikembangkan di daerah tropis, salah satunya yakni negara Indonesia. Buah Cermai mempunyai pohon menyerupai pohon belimbing Wuluh, pohonnya berukuran kecil mempunyai banyak cabang. Pohon buah Cermai mempunyai tinggi hingga 7 hingga 9 meter, buah ini sanggup tumbuh subur di wilayah yang berdataran rendah.


Bentuk buahnya menyerupai buah Labu, namun ukurannya sangat kecil dan juga mempunyai warna hijau agak kekuningan menimbulkan salah satu ciri khas dari buah Cermai. Buah ini mempunyai rasa asam dan sedikit lebih manis, serta terasa lebih segar dibandingkan buah belimbing wuluh yang sangat asam. Buah Cermai mempunyai warna daging yang putih agak kekuningan, menimbulkan setiap orang tertarik dengan warna daging buah Cermai tersebut. Kebanyakan seseorang yang mengonsumsi buah ini dengan cara dibikin manisan, dan juga sanggup dikonsumsi secara langsung. Meskipun sedikit asam, namun juga banyak seseorang yang menggemari buah itu dengan cara dikonsumsi secara langsung.


Buah tersebut jarang kita jumpai di pasaran, memang bahwasanya buah Cermai ditanam bukan untuk dijual, melainkan banyak ditanam untuk tumbuhan hias, tumbuhan untuk peneduh di depan rumah semoga halaman terlihat lebih sejuk. Selain banyak ditanam di perumahan, pohon ini juga kerap kita jumpai di depan Stadion, di Taman, maupun di Kebun tumbuhan daerah setempat. Buah yang mempunyai rasa asam ini ternyata juga mengandung Antioksidan yang sangat tinggi. Meskipun tidak sanggup kita temui di pasar buah, namun keberadaan buah Cermai kini sudah bisa kita dapatkan di hampir setiap kota besar yang mempunyai Taman Buah maupun Kebun Buah.


Selain itu buah yang mempunyai kandungan vitamin C tinggi ini juga sanggup kita budidayakan sendiri dengan dicangkok. Dengan begitu kita bisa menikmati sejuknya pohon buah Cermai ini di halaman rumah. Selain untuk tumbuhan hias, ternyata buah kecil dan mempunyai rasa asam ini juga menyimpan sejuta kandungan penting, serta sanggup kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat dan Khasiat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh

1. Antioksidan

Antioksidan sanggup melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh yang sehat. Cermai mengandung banyak antioksidan menyerupai vitamin C, polifenol dan tanin.

2. Menjaga kadar kolesterol darah

Cermai mempertahankan kadar kolesterol darah dengan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Cermai juga mencegah aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) lantaran mempunyai antioksidan yang kuat, sehingga sanggup melindungi Anda dari penyakit jantung.


3. MEMBANTU MENGATASI KONSTIPASI (SEMBELIT)

Dalam buah cermai ditemukan kadar serat yang tinggi, kebanyakan yakni jenis serat larut air yang mempunyai daya dorong cukup berpengaruh melancarkan BAB. Di daerah Sumatera, mereka biasanya mengonsumsi cermai muda yang asam untuk mengatasi konstipasi. Namun berlebihan dengan cermai muda akan mengakibatkan problem pada lambung dan usus.

4. MEMBANTU MENGATASI DIARE

Menarik sekali buah cermai ini, lantaran kinerjanya sangat baik pada sistem pencernaan. Perannya dalam fungsi pencernaan dijelaskan mendalam dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2011 bertajuk ‘Phytochemistry, traditional uses and cancer chemopreventive activity of Amla.’

Selain untuk sembelit, buah ini bisa pula dipakai untuk mengatasi diare. Kandungan serat gandanya beberapa merupakan serat tak larut. Disempurnakan dengan kandungan sejumlah enzim, mengonsumsi cermai matang akan membantu mengatasi keluhan diare dengan memadatkan kembali BAB yang terlalu cair. Buah cermai juga mempunyai sifat astringent yang membantu mengatasi rasa mulas dan panas pada perut ketika diare.

5. Diabetes

Cermai mengandung tingkat polifenol yang tinggi yang sanggup melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula darah yang tinggi dan mencegah resistensi urine. Selain itu, buah ini juga sanggup membantu dalam perembesan insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada penderita diabetes.

6. Vitamin A

Cermai juga dikemas dengan vitamin A yang penting dalam produksi kolagen. Kolagen yakni senyawa yang dibutuhkan kulit untuk tetap muda dan elastis. Bila dikonsumsi ketika perut kosong, kandungan nutrisi dalam cermai sanggup memperlambat degradasi kolagen, yang nantinya sanggup memperpanjang proses penuaan.

7. MEMBANTU MENCERNA PROTEIN

Sebagaimana dijelaskan bahwa buah cermai mengandung kadar enzim yang cukup baik untuk meningkatkan kinerja pencernaan. Salah satunya bekerja membantu proses pencernaan protein. Protein yang sudah terproses dengan baik siap untuk diserap oleh liver untuk menjadi komponen asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Protein yang tersalurkan dengan baik dalam tubuh akan membantu mencegah terbentuknya cadangan lemak yang membungkus otot. Protein juga penting dalam sejumlah proses regenerasi sel hingga untuk kinerja otak. Juga diharapkan dalam keseluruhan metabolisme tubuh.

8. MEMBANTU MENYERAP KALSIUM

Kelebihan lain dari buah cermai yakni mendorong memaksimalkan daya serap tubuh terhadap kalsium. Ini berkat kadar vitamin C di dalamnya yang tinggi disertai sejumlah enzim yang mempunyai tugas dalam perembesan kalsium. Ditambah dengan kadar kalsium yang juga terdapat dalam cermai, buah ini belakang layar juga baik untuk kesehatan tulang.

9. Anti-kanker

Dikemas dengan sifat antioksidan, cermai sanggup membantu tubuh melawan imbas berbahaya dari materi kimia yang bersifat karsinogenik. Buah ini juga sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi imbas berbahaya dari radiasi dan kemoterapi tanpa mengurangi efeknya dalam pengobatan anti-kanker.

10. Kesehatan seksual

Minum jus cermai sekali sehari sanggup membantu meningkatkan kesehatan seksual pria. Buah ini juga sanggup meningkatkan motilitas (kemampuan sperma untuk berenang), kualitas dan produksi sperma pada laki-laki yang menderita Oligospermia (suatu kondisi di mana seorang laki-laki mempunyai jumlah sperma yang rendah).

11. MEMBANTU PASIEN DIABETES

Dalam buah cermai terkandung kromium, sejenis senyawa mineral yang berperan terhadap proses perembesan glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Buah cermai sudah banyak dipakai secara tradisional sebagai buah pilihan dalam hidangan diet pengidap diabetes di India.

12. MEMBANTU MENCEGAH SERANGAN JANTUNG

Kromium ternyata juga mempunyai manfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan menjaga kelancaran sirkulasi darah. Perannya sangat baik mencegah penimbunan kolesterol dalam darah sehingga juga baik untuk mencegah arterosklerosis dan problem pada kesehatan jantung. Ini lantaran kromium bekerja meningkatkan imbas beta blocker, yang bekerja mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Riset lain menandakan bahwa buah cermai atau amla ini juga dikenal mempunyai kemampuan menguatkan otot jantung. Besar kemungkinan lantaran kemampuannya dalam meningkatkan daya serap protein yang menjadi salah satu komponen otot, termasuk otot jantung.

13. Serat

Cermai kaya serat, polifenol dan air. Hal itu menciptakan cermai mempunyai sifat anti-inflamasi yang membuatnya sebagai penawar dari sakit perut. Mengonsumsi satu sendok teh jus cermai pada waktu perut kosong, sanggup mengobati tingkat keasaman dalam lambung.

14. Melindungi hati

Cermai sanggup dipakai untuk melindungi hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh materi kimia atau alkohol.

15. SEBAGAI DIURETIK

Buah cermai ternyata juga bisa bekerja sebagai elemen diuretik, yakni mendorong tubuh menarik lebih banyak cairan dan menghasilkan air kencing lebih banyak. Efek diuretik akan sangat bermanfaat untuk melancarkan kembali BAK dan membantu membersihkan endapan yang tersisa pada ginjal.

Diuretik yakni terapi yang sehat untuk ginjal. Bahkan juga baik untuk membantu mempercepat pembuangan toksin, garam, asam urat, dan basil pada hati dan ginjal.

16. MEMPERBAIKI SISTEM PENCERNAAN

Beberapa orang menjadi sangat kurus lantaran kondisi pencernaan mereka yang buruk, daya serap pencernaan yang tidak optimal dan kinerja enzim yang tidak efektif. Dengan mengonsumsi buah cermai matang secara rutin, kinerja pencernaan akan distimulasi dan fungsi enzim akan membaik.

Inilah yang akan membantu mereka yang sangat kurus untuk mencapai berat tubuh idealnya. Di sisi lain cermai bukan penambah berat badan, jadi tidak menciptakan seseorang yang sudah kelebihan berat tubuh mengalami masalah.

17. Menambah Kekebalan Tubuh

Buah Cermai mengandung nutrisi yang sanggup menambah kekebalan tubuh kita. Nutrisinya cukup sebagai penambah nutrisi rutin. Hal ini juga dikarenakan adanya Flavanoid yang menimbulkan antioksidan. Tetapi jangan juga berlebihan mengkonsumsinya.

18. SEBAGAI PERAWATAN RAMBUT

Dalam sejumlah riset lokal di India, ditemukan buah cermai disana bisa dimanfaatkan sebagai tumbuhan perawatan rambut. Bahkan amla, cermai ala India sudah dipakai secara modern dalam tonik rambut.

Minyak sari amla dipakai sebagai pengobatan rambut rontok dan problem kerusakan rambut. Kemampuannya dalam melancarkan pedoman darah juga bekerja pada sirkulasi darah menuju rambut sehingga akar rambut tersuplai nutrisi dan oksigen mencukupi.

19. MEMBANTU MENGATASI INFEKSI

Buah cermai mengandung vitamin C dalam takaran tinggi yang bekerja melawan serangan basil dan virus, serta menstimulasi fungsi imunitas. Cermai juga mempunyai asam laktat yang mempunyai kemampuan anti bakteri. Cermai juga bekerja sebagai astringent yang meredakan imbas inflamasi. Tannin sendiri mempunyai imbas baik pada kelenjar tiroid dan menstimulasi tubuh lebih peka terhadap serangan infeksi.

20. Baik Untuk Pertubuhan

Buah Cermai menjadi buah yang baik dikonsumsi dan tidak menganggu pertumbuhan. Justru buah ini menjadi buah yang baik untuk membantu pertumbuhan lantaran kandungan nutrisinya yang banyak.

21. BAIK UNTUK DIET

Kadar kalori dalam buah cermai terbilang rendah, berdasarkan sumber Nutrition-and-you.com, kadar kalorinya hanya sekitar 44 kalori untuk 100 gram. Namun nutrisinya cukup tinggi ditambah kemampuannya meningkatkan daya serap protein.

Selain itu buah cermai juga baik untuk diet berkat kadar seratnya yang juga cukup besar. Ada tugas buah cermai pula untuk menstimulasi pembakaran dan meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa darah. Inilah yang menjadikannya salah satu buah favorit dalam diet yang lazim diterapkan di India.

22. BAIK UNTUK PENCEGAHAN KANKER

Kandungan antioksidannya cukup tinggi dengan jenis yang cukup beragam. Makara tidak heran jikalau buah ini juga masuk dalam buah anti kanker. Sayangnya, penelitian soal manfaat buah cermai sebagai anti kanker masih terbatas. Saat ini beberapa pakar mencoba meriset adanya kemungkinan kandungan B17 dalam biji cermai yang mempunyai kemampuan relatif berpengaruh melawan kanker.

23. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita

Tak hanya vitamin C, kandungan gizi menyerupai zat besi, karbohidrat, kalium, dan kalsium juga terdapat di dalam buah Cermai. Banyak buah-buahan yang mengandung senyawa menyerupai ini, tetapi salah satu buah yang hemat yakni buah Cermai. Kandungan senyawa alami yang banyak dan mempunyai kadar nutrisi amat tinggi, menimbulkan buah tersebut sangat baik untuk dikonsumsi setiap orang.

24. MEMBANTU MENGATASI ASMA

Manfaat buah cermai untuk mengatasi asma masih dalam batasan ihwal pengobatan tradisional. Baik di Sumatera maupun di India, buah cermai biasanya dimanfaatkan untuk terapi asma. Kadang biji-bijinya dikeringkan dipadukan dengan beberapa herbal dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk asma.

25. SEBAGAI PERAWATAN KULIT

Karena buah cermai dikenal baik untuk infeksi, maka buah ini bisa membantu meredakan problem kulit yang berjerawat. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin atau menggunakannya sebagai terapi eksklusif dengan mengoleskan airnya pada kulit yang berjerawat.

26. Dapat Memudarkan Bekas Jerawat

Buah cermai juga bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka pada kulit terutama pada pecahan wajah bekas jerawat. Sel-sel yang rusak pada kulit sanggup diganti dengan sel-sel yang gres lantaran buah cermai mengandung senyawa yang sanggup meregenerasi sel-sel pada kulit yang mati sehingga kulit akan menjadi cerah kembali. Caranya dengan mengoleskan sari air dari buah cermai secara berlahan diamkan 20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

Itulah manfaat yang terdapat pada buah cermai yang mempunyai kegunaan untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata buah cermai sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak terkena penyakit. Buah cermai juga bisa untuk perawatan kecantikan bagi perempuan yang selalu ingin tampil anggun dengan tepat tanpa mengeluarkan banyak uang . Konsumsi bauh cermai sesuai dengan kebutuhan jangan makan terlalu banyak, makanlah secukupnya saja. Semoga bermanfaat!
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "26 Manfaat Buah Cermai Serta Kandungan Gizinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel