Cara Membuat Wedang Sekoteng Yang Menghangatkan Tubuh

Cara Membuat Wedang Sekoteng Yang Menghangatkan Tubuh

Minuman tradisional asli nusantara yang banyak digemari tak hanya tak hanya wedang ronde yakni sekoteng. Minuman tradisonal asli nusantara ini tidak terkenal di area jawa sedang saja, bakal tetapi sudah terkenal jadi minuman berkhasiat yang dapat tingkatkan energi tahan tubuh yang diminati hingga ke daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Sekoteng termasuk minuman asli berasal dari Semarang Jawa Tengah. Sekoteng termasuk termasuk minuman dengan rasa jahe yang biasa dihidangkan waktu tetap panas. Bahan lain yang terhadap umumnya dicampur ke dalam minuman sekoteng yakni layaknya kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan termasuk disempurnakan kembali dengan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan terhadap malam hari.

Minuman tradisional ini umumnya dijual keliling dengan Mengenakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe dan termasuk kompornya. Lalu untuk sisi lain digunakan sebagai area bahan campuran dan area mempersiapkan sekoteng. Bahan lain yang terhadap umumnya dicampur ke dalam minuman sekoteng menjadikan cita rasa minuman ini makin nikmat dan termasuk menghangatkan tubuh.

Jika kamu menginginkan menikmati minuman tradisional yang hangat ini, kamu tidak perlu membelinya terlihat rumah. Sebab kamu dapat membuatnya sendiri dirumah. Cara membawa dampak  sekoteng jahe ini enteng sekali. Selain itu bahan bakunya pun termasuk dapat dengan enteng diperoleh disekitar anda.

Bahan bahan sekoteng :
  • 80 gram Kacang tanah, kupas kulit, setelah itu sangrai
  • 3 buah roti tawar, potong dengan wujud kotak-kotak
  • 30 gram Sagu mutiara yang berwarna merah atau pink
  • 80 gram Kacang hijau, direbus. Bisa termasuk diganti dengan biji kolang kaling
  • 5 sendok teh Susu kental manis putih
Bahan untuk membawa dampak kuah jahe:
  • 100 gram Jahe, bungkus jahe dengan alumunium foil supaya kulit jahe tidak hangus, setelah itu bakar
  • 200 gram Gula pasir
  • 1.500 ml Air matang
  • Cara membawa dampak sekoteng jahe panas :
  • Didihkan sebanyak 750 ml air, kemudian  masukkan sagu mutiara sampai masakan menjadi  bening. 
  • Angkat dan tiriskan sagu mutiara.
  • Cuci sagu mutiara yang sudah direbus dengan air mengalir, selanjutnya pisahkan.
  • Rebus semua bahan kuah jahe dengan manfaatkan api sedang.
  • Tunggu ampai air berikut mendidih, kemudian api dapat dikecilkan. Biarkan selama waktu kurang lebih 20 menit hingga tercium aroma yang harum.
Cara penyajian Wedang Sekoteng :
  1. Siapkan mangkok kecil untuk penyajian, atur posisi atau tata bahan isi berupa sagu mutiara, kacang hijau rebus, serta potongan roti tawar.
  2. Lumuri atau siram bahan isi terhadap mangkok manfaatkan kuah jahe atau air jahe yang tetap suasana panas.
  3. Tambahkan 5 sendok teh susu kental manis dan kacang tanah yang sudah disangrai.
  4. Sajikan untuk 5 porsi waktu hangat atau tetap suasana panas.
  5. Selain dihidangkan waktu tetap panas, minuman Sekoteng Jahe Bisa termasuk dihidangkan dingin disempurnakan dengan batu es,. Untuk minuman sekoteng dingin ini lebih cocok untuk dinikmati atau diminum siang hari lebih menjadi segar. Jika terhadap malam hari terlalu cocok dengan sekoteng yang tetap suasana panas atau hangat, dikarenakan cuaca dingin dengan minum sekoteng hangat dapat menghangatkan tubuh atau cuaca sedang hujan termasuk cocok terlalu menyegarkan.
Cara membawa dampak sekoteng jahe ini memang dapat dibilang cukup mudah. Akan tetapi jikalau untuk usaha jualan sekoteng jahe, maka buatlah dengan komposisi jadi banyak untuk bahan-bahannya supaya menghasilkan cita rasa yang nikmat dan menyegarkan. Minuman ini termasuk cocok termasuk untuk sajian takjil buka puasa supaya badan selamanya hangat dan selamanya sehat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Membuat Wedang Sekoteng Yang Menghangatkan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel