Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan

Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan

Contoh Makalah Tentang Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya insan bangsa kita. Kualitas hidup bangsa sanggup meningkat kalau ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat berguru sanggup terbentuk kalau mempunyai kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka terang buku tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bab yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.

Judul makalah ini sengaja dipilih alasannya yakni menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat pertolongan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

B.  IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas tersebut.

Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya sanggup diidentifikasi sebagai berikut:
  1. Bagaimana kiprah perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah
  2. Bagaimana cara semoga perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah?

C.  PEMBATASAN MASALAH
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka problem yang dibahas dibatasi pada masalah:
  1. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah;
  2. Cara-cara semoga perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

D.  PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan problem tersebut, masalah-masalah yang dibahas sanggup dirumuskan sebagai berikut:
  1. Bagaimana deskripsi kiprah perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah?
  2. Bagaimana deskripsi cara semoga perpustakaan sekolah benar-benar sanggup meningkatkan mutu pendidikan di sekolah?


BAB II
PEMBAHASAN

Perpustakaan merupakan bab intergral dari forum pendidikan sebagai kawasan kumpulan materi pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku. Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan mencakup tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan.

A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah yakni meningkatkan mutu pendidikan bantu-membantu dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya yakni menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula sanggup membantu menumbuhkan minat dan membuatkan talenta murid serta memantapkan seni administrasi berguru mengajar.

Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan aktivitas di sekolah, diantaranya adalah:
  1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
  2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
  3. Memperluas pengetahuan para siswa.
  4. Membantu membuatkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan materi bacaan yang bermutu.
  5. Membimbing para siswa semoga sanggup memakai dan memelihara materi pustaka dengan baik.
  6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
  7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berguru bagaimana cara memakai perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam memakai bahan-bahan referensi.
  8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan aktivitas kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.

B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka sanggup dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut:
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif yakni perpustkaan menyediakan materi pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang bisa membangkitkan minat baca para siswa, membuatkan daya ekspresi, membuatkan kecakapan berbahasa, membuatkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta bisa membimbing dan membina para siswa dalam hal cara memakai dan memelihara materi pustaka dengan baik.

2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif yakni perpustakaan menyediakan materi pustaka yang memuat informasi perihal banyak sekali cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga sanggup memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.

3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.

4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga sanggup dipakai para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.

5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang sanggup dijadikan sebagai sumber/obyek penelitian sederhana dalam banyak sekali bidang studi.

C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah bergotong-royong menunjukkan sumbangan terhadap pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah. Sumbangan/peranan perpustakaan antara lain:
  1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan sentra kegiatan belajar.
  2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide gres yang sanggup mendorong kemauan para siswa untuk sanggup berpikir secara rasional dan kritis serta menunjukkan petunjuk untuk mencipta.
  3. Perpustakaan akan menunjukkan tanggapan yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
  4. Kumpulan materi pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
  5. Perpustakaan menunjukkan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
  6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
  7. Perpustakaan sanggup menjadikan cinta membaca, sehingga sanggup mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
  8. Perpustakaan memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
  9. Perpustakaan merupakan sentra rekreasi yang sanggup menunjukkan hiburan yang sehat.
  10. Perpustakaan menunjukkan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
  11. Perpustakaan merupakan kerikil loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
  12. Kegairahan/minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat kuat faktual terhadap prestasi belajarnya.
  13. Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga sanggup mengurangi jajan anak, yang ini biasanya sanggup kuat negatif terhadap kesehatan anak.
  14. Bahkan perpustakaan juga bagi belum dewasa sanggup menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menjadikan suasana kurang sehat dalam korelasi berteman diantara mereka.


BAB III
PENUTUP

A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan "Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah" sanggup disimpulkan bahwa:
  1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
  2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
  3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya

B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan aktivitas pendidikan di sekolah, penyusun menunjukkan saran sebagai berikut:

  1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
  2. Peran pengelola perpustakaan/pustakawan yang profesional hendaknya mendapat bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.


DAFTAR PUSTAKA

Buku Pendidikan Kewarganegaraan
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pengaruh Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel